July 1, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Sistem Perdagangan di BEI Sempat Terhenti

Kompas.com – 21/03/2011, 15:25 WIB

EditorErlangga Djumena JAKARTA, KOMPAS.com – Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan, sistem perdagangan yang sempat terhenti selama sekitar setengah jam dari pukul 10.20 hingga 10.50 disebabkan karena putusnya jaringan komunikasi dari sisi vendor, yakni Alrthatel. “Putusnya jaringan tersebut karena ada gangguan dari sisi mereka. penyebab detailnya kita belum dapat informasi,” ujar Direktur IT BEI Adhikin Basirun kepada wartawan, Senin, (21/3/2011).

Namun, permasalahan tersebut sudah dapat diatasi dan perdagangan kembali berjalan normal. Menurut Adhikin ada puluhan Anggota Bursa yang menyewa jaringan Arthatel. Berapa jumlah pastinya, Adhikin juga belum bisa menyebutkan. Adhikin menambahkan, bursa tidak bisa memberi sanksi terhadap vendor tersebut karena di luar anggota bursa (AB). “Mereka kan pihak ketiga yang disewa AB.” BEI juga tak punya standarisasi tertentu terhadap kapasitas yang harus dimiliki vendor.

Yang terutama, para vendor tersebut bisa memenuhi servis level agreement (SLA) atau tingkat kemampuan kesinambungan di atas 99,75 persen. “Supaya kejadian ini tidak terjadi lagi, setiap AB dan pelanggan harus punya backup jaringan,” kata Adhikin seraya menyebut BEI bakal membuat aturan yang mewajibkan AB memiliki dua penyedia data feed. (Astri Karina Bangun/Kontan)

Sumber: https://internasional.kompas.com/read/2011/03/21/15254691/NaN.