July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Transaksi Perdagangan Terganggu Gara-Gara Arthatel

R Ghita Intan Permatasari, Jurnalis ยท Senin 21 Maret 2011 13:57 WIB

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan jika pada pagi tadi terjadi gangguan pada proses transaksi perdagangan saham. Gangguan ini berasal dari sisi vendor yaitu putusnya jaringan komunikasi dari vendor Arthatel.

“Memang ada sisi gangguan dari mereka yaitu putusnya jaringan komunikasi kurang lebih setengah jam dari 10.20 WIB tadi pagi. Tapi apa penyebab detailnya, saya belum tahu karena dari pihak Arthatelnya sendiri belum memberikan pernyataan ke kita,” ungkap Direktur IT BEI Adhikin Basirin di Jakarta, Senin  (21/3/2011).

Selain itu, Adhikin menuturkan bahwa terkait permasalahan ini, pihak dari bursa belum bisa berbuat banyak karena itu diluar kontrol bursa.

“Gangguan ini kan bukan dari pihak kita (bursa) tapi dari sisi vendornya. maka dari itu kita pun  tidak bisa memberikan sanksi akan hal ini karena Arthatel ini merupakan pihak ketiga yang disewa Anggota Bursa (AB),” tuturnya.

Sejauh ini, dia menambahkan BEI sendiri tidak memiliki standarisasi vendor untuk pelanggan Anggota Bursa (AB). Yang terpenting, pihak vendornya bisa memenuhi minimal service level agreement (SLA) atau tingkat avaliablity kesinambungan diatas 99,75 persen.

Adhikin pun menghimbau kepada pihak AB agar memiliki back up data agar bila terjadi gangguan seperti ini, pihak AB tidak lagi terganggu. “Menurut saya AB ini harus punya back up jaringan, jadi jika vendor yang satu bermasalah, masih ada back up data dari vendor lain,” pungkasnya.

(wdi)

 

sumber: https://idxchannel.okezone.com/read/2011/03/21/278/437138/transaksi-perdagangan-terganggu-gara-gara-arthatel