July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

BEI Alokasikan Dana Rp 105 Miliar untuk IT

Senin, 21 Maret 2011 | 15:46 WIB Antara

 

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalokasikan dana Rp 105 miliar untuk keperluan meningkatkan kualitas Informasi dan Teknologi (IT) guna meningkatkan layanan BEI kepada anggota bursa. “Bahkan BEI telah menyiapkan standar Standard Operational Procedure (SOP) terhadap sistem IT yang dimiliki di antaranya membuat cadangan pada semua sistem dan alat-alat TI BEI,” kata Direktur IT BEI, Adhikin Basirun di Jakarta, Senin.

Sementara, terkait putusnya sistem perdagangan saham di BEI yang sempat terputus pukul 10.15 WIB, Adhikin mengatakan, kejadian tersebut tidak terlalu berdampak signifikan pada anggota bursa (AB). “Hanya beberapa AB saja yang sistem perdagangannya terputus. Gangguan jaringan Arthatel yang disewa AB untuk koneksi ke BEI terputus beberapa menit, setelah itu normal kembali. Pihak BEI sedang identifikasi siapa saja yang terkena dampak karena tidak semua terkena,” ujarnya ketika dikonfirmasi. Untuk menghindari hilangnya data perdagangan dan potensi kerugian investor saat sistem perdagangan terputus, pihak BEI mengimbau, agar AB memiliki sistem jaringan lebih dari satu. “BEI meminta kepada seluruh Anggota Bursa untuk memiliki back up atas koneksi jaringan perdagangan online untuk menghindari hal yang tak diinginkan,” katanya.

Secara terpisah, pelaku pasar dari Millenium Danatama Securities, Ahmad Riyadi menambahkan, terputusnya sistem jaringan perdagangan saham online tidak berdampak signifikan tehadap investor. “Memang sempat terputus dan beberapa menit kemudian jalan kembali, namun tidak berdampak signifikan disebabkan kondisi perdagangan yang saat ini masih kurang ramai, dan diprediksi tidak ada potential lost,” katanya. Ia mengharapkan, provider jaringan sistem perdagangan saham di BEI harus lebih waspada terhadap kejadian ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (gor/ant) Editor : Gora Kunjana ([email protected])

Artikel ini telah tayang di Investor.id dengan judul “BEI Alokasikan Dana Rp 105 Miliar untuk IT”

sumber: https://investor.id/market-and-corporate/bei-alokasikan-dana-rp-105-miliar-untuk-it