July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Kata Cawapres Ini Soal Jembatan Selat Sunda

Desain Jembatan Selat Sunda

Senin, 2 Juni 2014 | 06:12 WIB

VIVAnews – Jembatan Selat Sunda sepertinya masih akan menjadi polemik berkepanjangan. Pasalnya hingga saat ini belum jelas pembangunannya apakah diteruskan atau akan ditunda.

Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan pandangannya mengenai hal ini. JK, pria ini biasa disapa, mengungkapkan pandangannya mengenai jembatan yang akan menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia ini.

Pertama, menurutnya, JSS merupakan program lama. Ia mengatakan harus ada penghitungan ulang mengenai investor dan kemampuan investasi. Terutama permasalahan bagaimana return yang akan didapatkan oleh investor dan berapa lama masa pengembaliannya.

JK dan Jokowi dalam visi misinya juga mengatakan akan membuat tol laut yang merupakan kapal yang beroperasi secara terus menerus. Tol laut ini nantinya digadangkan bisa menurunkan biaya pengiriman logistik.

Ketika ditanya lebih efektif mana tol laut atau JSS, JK mengatakan keduanya baik. Namun, JSS jika dibangun hari ini pun kemungkinan baru akan selesai sepuluh tahun mendatang.

“Jadi tol laut itu harus tetap berjalan dan jembatan itu tidak bisa diandalkan sekarang,” katanya.

Diketahui, Jembatan Selat Sunda akan menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa. Direncanakan memiliki panjang 29 kilometer dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/bisnis/508780-kata-cawapres-ini-soal-jembatan-selat-sunda