July 1, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Hatta Rajasa Janji Wujudkan Pembangunan Jembatan Selat Sunda

Cawapres pasangan nomor urut 1 Hatta Rajasa. [Suara.com/Bowo Raharjo]

Kamis, 05 Juni 2014 | 14:10 WIB

Suara.com – Calon Wakil Presiden nomor urut satu Hatta Rajasa menyatakan siap untuk mewujudkan pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) yang akan menyambungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

“Kami siap untuk mewujudkan pembangunan JSS, membangun jalan Banten dan Jawa Barat di bagian Selatan untuk mendukung wilayah Selatan Jabar dan Banten,” kata Hatta Rajasa saat kampanye putaran pertama di Pondok Pesantren Al-Mubarok, Kota Serang di Serang, Kamis (5/6/2014).

Ia mengatakan, khusus untuk Provinsi Banten yang usianya belum terlalu tua, masih banyak yang perlu dikerjakan, Banten Selatan yang masih belum seimbang dan tertinggal menjadi kantong kemiskinan.

Banten dengan segala potensinya bisa dikembangkan pembangunannya dalam bidang pendidikan, kawasan pertanian dan kelautan yang baik serta kawasan wisata dan industri kreatif menengah dan kecil.

“Keberadaan jembatan selat sunda akan menyambungkan Jawa dan Sumatera serta mempercepat pembangunan ekonomi,” katanya.

Beberapa waktu lalu, Menko Bidang Perekonomian Chairul Tandjung memastikan akan meneruskan proyek jembatan selat sunda (JSS). Proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) yang ditaksir bakal membutuhkan anggaran tak kurang dari Rp 200 triliun.

Ada tiga tantangan terbesar dalam pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS).

Pertama masalah alam. Menghubungkan dua pulau dengan jarak yang panjang memang bukan hal yang mudah. Apalagi permasalahan alam bukan hanya sekadar yang ada di lautan lepas.

Tantangan kedua adalah soal finansial. Tak bisa dipungkiri pembangunan mega proyek ini menyedot dana yang tak sedikit.

Tantangan ketiga adalah masalah kelembagaan. Yakni berupa aturan-aturan pemerintah yang menyatakan dukungan terhadap pembangunan. (Antara)

Sumber : https://www.suara.com/bisnis/2014/06/05/141031/hatta-rajasa-janji-wujudkan-pembangunan-jembatan-selat-sunda