December 2, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Walikota Dorong Kuliner Bebek Oblok Jadi Menu Khas Jakut

Agustus 29, 2022

Faktual.Net, Jakarta Utara, DKI Jakarta
– Lomba memasak bebek oblok, ahli peracikan kopi atau barista, bazar produk UMKM, dan hiburan musik band ternama turut meramaikan Festival Barista dan Kuliner (Bakul) Jakarta Utara. Event bergengsi tersebut merupakan kegiatan unggulan dari Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

(Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Utara yang digelar sejak tanggal 27-28 Agustus 2022 di Area Parkir Persia, Mal Artha Gading (MAG).

“Ini satu kegiatan dari Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Utara dengan skema kolaborasi bersama MAG. Festival Bakul Jakarta Utara memberikan ruang bagi masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dalam peracikan kopi dan mengolah menu asli Jakarta Utara yaitu bebek oblok,” terang Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat menghadiri acara penutupan Festival Bakul Jakarta Utara, Minggu (28/08/2022).

Pada kesempatan itu, Walikota didampingi Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit, Camat Kelapa Gading Darmawan dan Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Utara, Wiwik Satriani menyerahkan hadiah menarik berupa sertifikat, uang pembinaan, dan plakat kepada para pemenang lomba memasak bebek oblok dan lomba barista.

“Saat proses lomba, saya harap ini menjadi satu motivasi untuk terus meningkatkan kreativitas dan juga sebagai peluang bisnis baru. Kita angkat menu masakan bebek oblok supaya menjadi salah satu ciri khas atau identitas kuliner pesisir yang berasal dari Jakarta Utara. Bila perlu resep yang paling enak untuk pembuatan bebek oblok kita daftarkan ke dalam HAKI sebagai kuliner asli Jakarta Utara,” tutur Ali.
Ia pun akan terus mendorong agar menu bebek oblok menjadi tuan rumah dan menu andalan di tempat makan khusus. “Sebenarnya ini sudah lama ada dan akan kita angkat lagi agar menjadi peluang bisnis bagi UMKM Jakarta Utara. Olahan bebek oblok tidak amis, tidak pakai santan, pakai daun kedondong, dan ada beberapa rempah-rempah lainnya jadi beda dengan yang lain. Bumbunya enak apalagi pakai nasi panas,” tambahnya.
Setelah masa pandemi menuju endemi, Ali berharap UMKM dapat menjadi tonggak ekonomi yang kuat dan bisa

berkolaborasi dengan penyelenggara mal-mal besar. “Kita terus mengupayakan agar di setiap kegiatan, UMKM itu harus kita ajak. Untuk itu, saya harap semua tempat besar bisa mengakomodir UMKM Jakarta Utara,” pungkas Walikota.

Di tempat yang sama, Kasudin Pariwisata dan Ekonomi kreatif Jakarta Utara, Wiwik Satriani menjelaskan, acara ini diikuti sebanyak 18 tim masak Bebek Oblok dari Darma Wanita Persatuan dan TP PKK Jakarta Utara serta 30 Barista,” kata

“Kegiatan Festival Bakul Jakarta ini adalah sebagai sarana

promosi kuliner nusantara dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jakarta Utara.
“Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman kuliner. Festival Bakul Jakarta ini merupakan suatu
ajang promosi wisata kuliner yang diharapkan memilliki daya tarik untuk pariwisata, dan juga meningkatkan ekonomi kreatif dan ketenagakerjaan di masyarakat khususnya diwilayah Jakarta Utara,” ungkapnya.
Wiwik mengatakan Festival Bakul Jakarta ini akan dilaksanakan selama dua hari di Mall Artha Gading.
“Hari Sabtu (27/8/2022) ini dan Minggu (28/8/2022). Selain lomba memasak Bebek Oblok dan Barista, di sini juga ada hiburan musik dan sajian makanan nusantara. Ada sebanyak 45 booth yang siap menyajikan berbagai kuliner dari Indonesia,” tuturnya.(Amin)

Sumber: faktual.net