July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Lanal Bali Laksanakan Karya Bhakti Tanam Pohon Mangrove

Lanal Bali Laksanakan Karya Bhakti Tanam Pohon Mangrove

 

Lanal Bali Laksanakan Karya Bhakti Tanam Pohon Mangrove
Lanal Bali Laksanakan Karya Bhakti Tanam Pohon Mangrove

berita_219144_800x600_1(1)

 

images1.rri.co.id

16 November 2015  – 10:01 
KBRN, Jakarta: Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bali Lantamal V/Surabaya Komando Armada RI KawasanTimur (Koarmatim) dengan Komandan Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto melaksanakan penanaman pohon mangrove (bakau) di pantai Lagoon Nusa Dua Bali dalam rangka memperingati Hari Armada yang ke 70 tahun 2015.
 
Penanaman 1.000 pohon mangrove (bakau) dilaksaankan atas kerjasama Lanal Bali dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan, serta diikuti oleh Organisasi Masyarakat cinta Mangrove dari Hardys Group, Artha Graha Peduli, Gerakan Pemuda (Garda) Badung, Discovery Kartika Plaza serta dari Pramuka Saka Bahari.
 
Penanaman pohon mangrove (bakau) tersebut bertujuan mensukseskan gerakan penghijauan satu milyar pohon yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia untuk mengurangi pemanasan global serta untuk rangkaian acara kegiatan Hari Armada ke 70 tahun 2015.

Pohon mangrove selain sebagai pelindung pantai juga merupakan tempat mencari makan berbagai jenis ikan, undang, kerang dan fauna lainnya.

Mangrove mempunyai banyak manfaat bagi manusia diantaranya, menjaga garis pantai agar tetap stabil, memelihara pantai dan tebing sungai dari kerusakan seperti erosi dan abrasi, menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari laut ke darat pada malam hari
.
Mangrove (bakau) adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Rhizophora, suku Rhizophoraceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon, kegunaan dari hutan mangrove (bakau) adalah yang paling besar adalah sebagai penyeimbang ekologis dan sumber (langsung atau tidak langsung) pendapatan masyarakat pesisir, serta penahana brasidi wilayah pesisir pantai. (Rell/AA/AKS)

 
sumber: http://images1.rri.co.id/post/berita/219144/press_release/lanal_bali_laksanakan_karya_bhakti_tanam_pohon_manrove.html