December 5, 2021

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Komitmen UNESA dan DUDI, Dari Webinar Hingga Kerja Sama

www.unesa.ac.id

Unesa.ac.id, SURABAYA-Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNESA mengadakan Webinar Internasional dengan tema “Kerja Sama Perguruan Tinggi dan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk Mendukung Implementasi Merdeka Belajar” pada Selasa, 05 Oktober 2021. Webinar kali ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Heka Hertanto, Ketua Umum Artha Graha Peduli dan Chia Halim, Representatif Norman Disney & Young Australia.

Sebagaimana yang disampaikan Dr. Sujarwanto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama dalam sambutannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya dalam meningkatkan potensi sumber daya manusia sekaligus membangun kerja sama di berbagai bidang.

“Seiring dengan komitmen dan upaya UNESA untuk terus membangun Indonesia yang lebih baik. Saya harap webinar ini menjadi inspirasi dan memacu para peserta untuk terus berkembang dalam membangun Indonesia,” ucapnya.

Heka Hertanto sebagai narasumber pertama, menyampaikan seputar Yayasan Artha Graha Peduli yang merupakan organisasi nonprofit didirikan oleh Artha Graha Network untuk mendukung kegiatan kesadaran sosial, tindakan kemanusiaan (termasuk pendidikan dan kesehatan), pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan serta pelayanan hukum bagi masyarakat kurang mampu.

Pada paparan materinya, ia mengatakan ada lima hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk dunia kerja, yakni, mental, mengenali diri sendiri, mengasah kemampuan, mengontrol emosi, dan menjadi pendengar yang baik. Menurutnya, semua hal ini terkemas dalam sebuah strategi yang disebut personal branding. Personal branding sebagai upaya untuk mempromosikan diri dan karier melalui citra yang dibangun untuk khalayak umum.

“Seseorang harus punya prinsip yang kuat, memegang teguh nilai-nilai yang berlaku, selalu konsisten, mampu menentukan prioritas, fokus pada kekuatan yang dimiliki serta terus mengembangkan jaringan di media sosial profesional, misalnya LinkedIn,” tuturnya.

Sementara itu, Chia Halim yang saat ini menjabat sebagai Project Engineer di Norman Disney & Young (NDY), perusahaan konsultan pembangunan asal Australia, menyebutkan, saat ini NDY membuka program magang untuk mahasiswa yang mempunyai keahlian di bidang terkait, di antaranya teknik bangunan, teknik sipil, dan teknik elektro.

Ia juga menyampaikan kesanggupannya untuk membantu para mahasiswa yang tertarik mengikuti program magang ini. “Teman-teman nanti bisa menghubungi melalui email saya untuk bertanya informasi lebih lanjut terkait program magang ini,” katanya. (meds)

 

sumber: https://www.unesa.ac.id/komitmen-unesa-dan-dudi-dari-webinar-hingga-kerja-sama