July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Jokowi Ingin Anak Sekolah Nonton Film Jenderal Soedirman

Jokowi berfoto usai menonton gala premier film Jenderal Soedirman (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

hiburan.metrotvnews.com

25 Agustus 2015 09:58 wib

Metrotvnews.com, Jakarta: Di sela padatnya jadwal kerja, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri menyaksikan film Jenderal Soedirman.

Bukan tanpa alasan Jokowi menyaksikan film yang dibintangi Adipati Dolken ini. Di mata Jokowi, film Jenderal Soedirman sarat makna. Dia berharap film ini menjadi tontonan generasi muda agar mengetahui sejarah serta perjuangan pahlawan Indonesia.

“Film ini penuh pesan serta nilai-nilai perjuangan. Saya kira akan kita wajibkan anak-anak (sekolah) menonton film ini. Karena film ini sarat akan nilai perjuangan di mana saat itu anak-anak tidak mengetahui bagaimana keadaan zaman dulu,” ungkap Jokowi usai menonton gala premiere film Jenderal Soedirman di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Film arahan sutradara Viva Westi ini mendapat dukungan penuh dari Mantan Wakil Kepala Staf TNI AD Letnan Jenderal Purnawirawan Kiki Syahnakri. Dia bertindak sebagai associate producer.

Sebagai seorang yang paham akan perjuangan Jenderal Soedirman, serta pihak yang membiayai produksi film yang mencapai sekitar Rp10 miliar hingga Rp15 miliar, Kiki berharap film ini ditonton oleh seluruh tentara dan masyarakat.

“Kami berharap film ini dapat ditonton oleh berbagai kalangan, baik tentara maupun rakyat sipil. Sebab, melalui film ini kita akan banyak terinspirasi dan belajar apa yang dicontohkan pak Soedirman untuk menjadi manusia Indonesia yang lebih mencintai Tanah Air dan rakyatnya,” jelas Kiki.

TNI AD turut membantu pembuatan film Jenderal Soedirman. Yayasan yang dikelola TNI AD, yaitu Yayasan Kartika Eka Paksi dan Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat, serta Artha Graha Network, menggelontorkan dana menyokong produksi film ini.

Film Jenderal Soedirman berkisah tentang perjalanan gerilya panglima pertama TNI tersebut pada 1948, sesaat setelah Belanda melancarkan agresi militer kedua ke Yogyakarta yang saat itu berstatus Ibu Kota Indonesia.

Selain Jenderal Soedirman sebagai tokoh utama, film ini menampilkan tokoh kemerdekaan lainnya. Ada Soekarno, Mohammad Hatta, Tan Malaka, Jusuf Ronodipuro, dan Oerip Soemohardjo.

Jangan lewatkan film Jenderal Soerdiman yang akan tayang di bioskop mulai 27 Agustus 2015.

sumber: http://hiburan.metrotvnews.com/read/2015/08/25/424288/jokowi-ingin-anak-sekolah-nonton-film-jenderal-soedirman