July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Jokowi Hadiri Pemutaran Perdana Film Jenderal Soedirman

Para pemain film Jenderal Soedirman, Matias Muchus, Adipati Dolkien, dan Baim Wong. (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)

www.cnnindonesia.com

Senin, 24/08/2015 20:24 WIB

 

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo menghadiri pemutaran perdana film Jenderal Soedirman di Bioskop Episentrum XXI, Jakarta, Senin (24/8) malam. Saat tiba di lokasi pemutaran film, Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Penayangan film yang mengangkat secuplik kisah hidup Panglima Besar TNI Jenderal Besar Soedirman ini dipenuhi sejumlah perwira tinggi TNI, baik yang masih aktif maupun mereka yang telah berstatus purnawirawan.

CNN Indonesia melihat Try Sutrisno, mantan Panglima TNI sekaligus bekas wakil presiden Indonesia, mantan Kepala Badan Intelijen Negara Hendropriyono, mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edhy Purdijatno.

Film Jenderal Soedirman berkisah tentang perjalanan gerilya panglima pertama TNI tersebut pada tahun 1948, sesaat setelah Belanda melancarkan agresi militer kedua ke Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota negara.

Film yang disutradarai Viva Westi ini dibiayai secara patungan oleh yayasan yang dikelola TNI AD, yakni Yayasan Kartika Eka Paksi dan sejumlah lembaga lain seperti Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat dan Artha Graha Network.

Mantan Wakil Kepala Staf TNI AD Letnan Jenderal Kiki Syahnakri menjadi associate producer pada film ini. Kiki berkata, ia telah merencanakan pembuatan film ini sejak lama.

“Niatnya sudah lama sekali. Sejak saya dinas keinginan itu sudah ada tapi belum ketemu jalannya,” ujar Kiki, petang tadi.

Peran Soedirman dalam film ini diperankan Adipati Dolken. Dilm ini juga memunculkan beberapa tokoh kemerdekaan seperti Sukarno, Mohammad Hatta, Tan Malaka, Jusuf Ronodipuro dan Oerip Soemohardjo.

sumber: http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150824202410-20-74195/jokowi-hadiri-pemutaran-perdana-film-jenderal-soedirman/