May 23, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Badan Otoritas JSS Segera Dibentuk

Bangun Rancang Jembatan Selat Sunda yang akan dibangun. Dok: PT Wiratman and Associates

Official logo TEMPO.CO

Oleh : Tempo.co – Selasa, 20 Mei 2014 13:40 WIB
 

TEMPO.COJakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan pemerintah segera membentuk badan otoritas pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) sebelum masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berakhir.

“Kami harapkan dalam lima bulan ini keppresnya akan keluar,” ujarnya di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin malam.

Chairul menyatakan pengerjaan proyek sepanjang 27,4 kilometer ini tinggal menunggu waktu. Namun belum terbentuknya badan otoritas menyebabkan pengerjaan proyek tersebut masih tersendat. “Badan otoritas ini akan menjalankan proses lebih lanjut,” ujarnya. (Baca: Proyek Jembatan Selat Sunda Tidak Feasible)

Pendiri Trans Corp ini tidak merinci kapan surat keputusan presiden badan otoritas JSS akan diteken Presiden. Ia hanya memastikan akan terus memperjuangkan agar segera terealisasi. “Tentu banyak yang harus dilakukan, tapi saya realistis. Dalam lima bulan, saya mau susun prioritas unggulan.”

Chairul menegaskan, pada awal masa tugas, dirinya berupaya mengembalikan fokus program pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan bagi kesejahteraan masyarakat. “Yang mempunyai efek besar tapi biaya kecil. Hambatan kecil itu akan kita selesaikan dalam lima bulan,” katanya.

Sebelumnya Chairul Tanjung telah berjanji akan memprioritaskan megaproyek Jembatan Selat Sunda selama menjabat sampai lima bulan ke depan. “Yang penting ada akselerasi, percepatan,” ujarnya. Jika proyek tak bisa dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), akan diupayakan cara lain. “Mungkin bisa enggak kalau non-APBN.” (Baca: Tanpa APBN, Pembangunan JSS Sulit Terealisasi)

Apabila penggunaan dana non-APBN memungkinkan, Chairul akan segera menyampaikan kepada Presiden untuk diputuskan. “Menko tidak bisa membuat keputusan,” katanya.

Ditemui di Kementerian Perekonomian, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengungkapkan proyek jembatan sepanjang 27,4 kilometer itu menjadi salah satu bahan dalam rapat koordinasi pertama dengan Chairul Tanjung. “Itu sudah dibicarakan tadi,” ujarnya.

JAYADI SUPRIADIN | ANGGA SUKMA WIJAYA

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/579029/badan-otoritas-jss-segera-dibentuk/full&view=ok