May 17, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Update Virus Corona 5 Maret: 156 Spesimen Diperiksa, 2 Positif, 9 Tunggu Hasil

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Achmad Yurianto menyampaikan bahwa kondisi dua orang pasien positif virus Corona yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso, keadaannya semakin membaik sedangkan sebanyak 68 kru kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan tidak terjangkit virus usai diperiksa spesimennya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.(Hafidz Mubarak A)

Kompas.com – 05/03/2020, 18:59 WIB

Penulis Ihsanuddin | Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah menyatakan, sampai Kamis (5/3/2020) hari ini, pasien positif Corona di Indonesia tetap berjumlah dua orang. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah sudah melakukan pemeriksaan spesimen 156 orang yang berasal dari 35 rumah sakit di 23 provinsi. “Hasilnya, ini akumulasi, hasilnya 2 positif yang kita sebut sebagai kasus nomor 1 dan kasus nomor 2,” kata Yurianto dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Sementara itu, ada sembilan spesimen yang pemeriksaannya masih dalam proses. Sisanya dinyatakan negatif Covid-19. Selain dari rumah sakit, pemerintah juga melakukan pemeriksaan spesimen terhadap 188 anak buah kapal World Dream yang tengah diisolasi di Pulau Sebaru. “Sudah selesai kita periksa 188 spesimen, dan seluruhnya negatif,” kata dia. Pemerintah turut memeriksa spesimen 69 anak buah kapal Diamond Princess, yang saat ini juga tengah diisolasi di Sebaru. Hasilnya, 68 spesimen dinyatakan negatif, sementara satu orang lainnya dilakukan pemeriksaan ulang. Terakhir, pemerintah juga sudah memeriksa 11 spesimen di Bali yang berasal dari hasil tracing. Tracing ini dilakukan setelah seorang WN Jepang dinyatakan positif Corona setelah pulang dari Bali. Pemerintah mengecek orang yang melakukan kontak dengan turis Jepang itu. “Contact tracingnya kita cari selama berada di Bali. Sudah ketemu 11. Sudah kita periksa semuanya dan hasilnya negatif,” kata dia. Baca juga: Pasien dengan Gejala Mirip Corona di RS Rotinsulu Bandung Mulai Membaik Dengan demikian, maka jumlah kasus positif corona di Indonesia tetap dua orang. Presiden Jokowi mengumumkan dua kasus itu pada Senin (2/3/2020). Keduanya adalah ibu dan anak warga Depok, Jawa Barat. Keduanya tertular corona diduga setelah sang anak melakukan kontak dengan warga Jepang domisili Malaysia yang tengah berkunjung di Jakarta. Kedua pasien saat ini diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Update Virus Corona 5 Maret: 156 Spesimen Diperiksa, 2 Positif, 9 Tunggu Hasil”, 

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Krisiandi

sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/05/18591101/update-virus-corona-5-maret-156-spesimen-diperiksa-2-positif-9-tunggu-hasil.