September 28, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Tanggul Laut NCICD Roboh, Anies: Itu Dikelola PUPR, Kita Support Saja

Tanggul Laut NCICD di Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, rubuh(KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI)

Kompas.com – 05/12/2019, 13:04 WIB

Penulis Ryana Aryadita Umasugi | Editor Jessi Carina

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi robohnya tanggul laut National Capital Integrated Coastal Development ( NCICD) di sisi timur Pelabuhan Pelabuhan Niza Zachman, Penjaringan, Jakarta Utara. Menurut Anies proyek tersebut merupakan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Jadi kejadian itu adalah kawasan yang dikelola PUPR, kita support saja,” ucap Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Ia mengatakan, sejak Selasa (3/12/2019) sore atau setelah kejadian terjadi, Kementerian PUPR mulai memperbaiki tanggul tersebut.

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta hanya memantau dan membantu jika dibutuhkan. “Alhamdullillah kita bersyukur teman-teman dari Kementerian PUPR sudah dari hari Selasa sore mereka bekerja di sana, jadi kita pantau kita dukung apa yang dibutuhkan oleh teman-teman di PUPR,” jelasnya. Sebelumnya, NCICD tersebut diketahui roboh pada Selasa (3/12/2019) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Ketua Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane¬†(BBWSCC) Bambang Hidayah mengatakan tanggul laut NCICD yang roboh disebabkan beberapa hal. “Muka air laut naik, lalu cuaca hujan, ya karena itu (penyebabnya),” kata Bambang saat dikonfirmasi, Rabu.

Sumber :    https://megapolitan.kompas.com/read/2019/12/05/13045031/tanggul-laut-ncicd-roboh-anies-itu-dikelola-pupr-kita-support-saja