May 17, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Satu ABK yang Diobservasi di Sebaru Suspect Corona

Juru Bicara Khusus Covid-19 Achmad Yurianto.

Logo VIVAnews

Jumat, 6 Maret 2020 | 13:19 WIB  Oleh :Lis YuliawatiAgus Rahmat

 

VIVAnews – Satu orang yang sedang diobervasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, dinyatakan suspect virus corona Covid-19. Gejala-gejala sakitnya, membuat pasien tersebut diisolasi di tempat lain.

Satu yang suspect corona itu adalah dari anak buah kapal (ABK) Kapal Diamond Princess, yang sempat diobservasi di Pelabuhan Yokohama Jepang, dan dinyatakan negatif. Setelah itu, ABK itu diobservasi lagi di Pulau Sebaru, dan kini dinyatakan suspect.

“ABK Diamond Princess, jumlah adalah 69 yang kita jemput dan kemudian sekarang sudah berada di Sebaru. Dari 69 ini, ada satu yang kita pisahkan. Meskipun kondisinya baik tetapi kita mencurigai kemungkinan suspect dia tertular Covid-19 dan sekarang sudah kita isolasi di RS Persahabatan,” ujar Juru Bicara Khusus Covid-19 Achmad Yurianto, saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020.

Dia menjelaskan, hasil laboratorium baru akan diketahui sore ini. Isolasi dilakukan, kata dia, untuk menghindari terjadinya penyebaran terhadap pasien lainnya.

Sementara itu, 68 ABK Diamond dan 188 ABK World Dream yang saat ini masih diobservasi di Sebaru, dalam kondisi sehat dan negatif. Mereka tetap akan dilakukan tes hingga masa 14 hari observasi sesuai protokol organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Yuri melanjutkan, ada 10 tim medis yang menjemput dari Jepang, juga diperiksa. Namun hasilnya negatif Covid-19. “Kemudian kita bantu juga dengan penambahan 20 tim medis sehingga totalnya nanti menjadi 30 untuk mendukung Diamond Princess,” ujarnya.

sumber: https://www.vivanews.com/berita/nasional/39389-satu-abk-yang-diobservasi-di-sebaru-suspect-corona?medium=autonext