August 10, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Perkuat Teritorial, Kodam Siliwangi Tambah Koramil Baru di Cianjur

VIVA Militer: Pangdam III/Siliwangi dan Danrem 061/SK resmikan Koramil Takokak

Minggu, 3 Oktober 2021 | 15:39 WIB

VIVA – Kodam III/Siliwangi baru saja menambah markas atau kantor Koramil 0608-19/Takokak Kodim 0608/Cianjur, Korem 061/Surya Kencana di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto menyatakan, selama ini jumlah Koramil di wilayah Kodim 0608/Cianjur hanya ada 18 Koramil. Dengan bertambahnya Koramil baru, yaitu Koramil 0608-19/Takokak berarti kini jumlah Koramil yang ada di wilayah Cianjur menjadi 19 Koramil.

Dia menambahkan, Kabupaten Cianjur terdiri dari 32 Kecamatan. Dengan jumlah 19 kantor Koramil di Kabupaten Cianjur yang ada saat ini, lanjut Pangdam Siliwangi, jangkauan teritorial prajurit TNI Angkatan Darat di Kabupaten Cianjur masih sangat jauh.

Dengan demikian, dia berharap jumlah Koramil di Cianjur di masa mendatang dapat bertambah hingga 38 Koramil guna menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Cianjur.

“Tentunya hal tersebut agar dapat membantu untuk menciptakan rasa aman dan  nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Semoga dengan adanya Koramil dan Polsek ini masyarakat sekitar lebih dapat merasa terlindungi dan teranyomi dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” kata Pangdam III/Siliwangi.

Mayjen TNI Agus Subiyanto ketika meresmikan kantor Koramil 0609-19/Takokak, Kabupaten Cianjur dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Minggu, 3 Oktober 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi ketika mendampingi Pangdam III/Siliwangi mengatakan, didirikannya Koramil 0608-19/Takokak di wilayah kerja Korem 061/SK itu sebagai upaya untuk mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban.

Masyarakat (Kamtibmas) dan memperkuat pertahanan wilayah setempat, serta untuk menampung dan mengkomunikasikan berbagai permasalahan yang timbul di masyarakat lingkungan Takokak.

“Atas dasar itulah maka Koramil 0608-19/Takokak hadir di tengah wilayah Takokak. Semoga keberadaanya lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang perlu dijaga dan dirawat sama-sama,” ujarnya.

Untuk diketahui, kunjungan kerja Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto ke Kabupaten Cianjur itu tidak hanya meresmikan Markas Koramil 0608-19/Takokak saja. Mantan Komandan Paspamres itu juga menyempatkan diri untuk melakukan penanaman pohon di halaman Koramil dan di kawasan wisata Cigunung Tugu. Kemudian, Pangdam Siliwangi bersama Danrem Surya Kencana, serta rombongan menyempatkan diri untuk meninjau serbuan vaksinasi yang digelar oleh jajaran Korem 061/Surya Kencana bersama tim kesehatan Kodim 0608/Cianjur, serta melakukan Bakti Sosial dengan membagikan paket sembako untuk para lansia dan masyarakat di sekitar Desa Takokak.

Sumber: https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1410408-perkuat-teritorial-kodam-siliwangi-tambah-koramil-baru-di-cianjur