September 28, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Obyek Wisata, Mal, dan Museum Terbaik di Jakarta 2019

Teater Imax Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.(KOMPAS/MADINA NUSRAT)

Kompas.com – 07/12/2019, 12:04 WIB

Penulis Nicholas Ryan Aditya | Editor Silvita Agmasari

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir pekan di Jakarta dapat diisi dengan berkunjung ke berbagai obyek wisata yang masuk dalam nominasi Adikarya Wisata 2019. Penghargaan ini diberikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kepada 20 nominasi kategori obyek wisata di Jakarta pada Jumat (6/12/2019). Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali mengatakan Adikarya Wisata merupakan salah satu bentuk penghargaan tertinggi untuk pelaku pariwisata. “Ini penghargaan untuk mereka pelaku industri pariwisata yang telah banyak berkontribusi, memberikan dedikasinya dan tentunya dengan prestasi. Kita harapkan ini menjadi ajang yang bergengsi dan mendorong pariwisata Jakarta lebih bergairah lagi,” kata Alberto kepada Kompas.com, Jumat (6/12/2019) ketika ditemui di sela-sela acara. Selain itu ia juga mengatakan Adikarya Wisata merupakan acara yang dinantikan pelaku pariwisata untuk memacu daya saing yang lebih berkualitas.

Sejumlah pejabat yang hadir di acara Adikarya Wisata 2019 melakukan foto bersama di akhir acara, Jumat (6/12/2019)(Dokumentasi Adikarya Wisata 2019)

Sekadar informasi, Adikarya Wisata 2019 merupakan penghargaan yang dilaksanakan secara berkala setiap 2 tahun. Tahun ini adalah tahun ke-21 penyelenggaraan acara sejak penghargaan pertama pada tahun 1991. Penghargaan tahun ini menetapkan 31 kategori dari 13 bidang industri pariwisata dan industri pendukung pariwisata. Kategori tersebut adalah Akomodasi, Restoran, Jasa Boga atau Catering, Bar & Lounge, Spa, Hiburan dan Rekreasi, Kawasan Pariwisata, Usaha Jasa Pariwisata, Maskapai Penerbangan, Transportasi Darat, Atraksi Buatan, Diklat Pariwisata, dan Media Elektronik. Untuk kategori obyek wisata di Jakarta, Ketua Juri Adikarya Wisata 2019, Thamrin Bachri mengatakan proses penilaian dilakukan dari kebersihan, keramahan lingkungan, dan pelestarian budaya. Selain itu para jurli juga menilai dedikasi, prestasi, dan kontribusi dari daftar nominasi untuk menentukan pemenang.  Adapun kategori dan nominasi dari obyek wisata di Jakarta versi Adikarya Wisata 2019 di antaranya:

1. Nominasi Kawasan Pariwisata

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Impian Jaya Ancol

Kota Tua

Taman Margasatwa Ragunan

Monumen Nasional

Pemenangnya adalah Taman Mini Indonesia Indah

2. Nominasi Hiburan & Rekreasi  – Sarana Rekreasi Keluarga

Kidzoona Kemang

KidZania Jakarta

Jakarta Aquarium

Bounce Street Asia Artha Gading

Amazing D’Caribbean  Kota Kasablanka

3. Nominasi Atraksi Buatan -Mall

Pondok Indah Mall

Mall Taman Anggrek

Kota Kasablanka

Mall Senayan City

Pacific Place

Pemenangnya adalah Kota Kasblanka Mall

4. Nominasi Atraksi Buatan – Museum

Museum Sejarah Jakarta

Museum Wayang

Museum MACAN

Museum Nasional

Museum Tekstil

Pemenangnya adalah Museum MACAN

Sumber :  https://travel.kompas.com/read/2019/12/07/120400727/obyek-wisata-mal-dan-museum-terbaik-di-jakarta-2019?page=2