July 1, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Mengintip Cara Negara China Mengurangi Kemiskinan yang Patut Ditiru Indonesia

Penduduk miskin di China (steycool-blog)

28 Desember 2020 at 02:05pm

Djawanews.com – Negara China terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tak hanya di bidang teknologi, China berhasil mengurangi kemiskinan rakyatnya. Kondisi tersebut sempat diakui oleh Prabowo saat mencalonkan diri dalam Pilpres 2019 silam. Ia mengatakan bahwa Tiongkok berhasil menghilangkan kemiskinan hanya dalam waktu 40 tahun.

Negara Tirai Bambu itu memang punya cara tersendiri untuk mengatasi kemiskinan. Menteri Pengentasan Kemiskinan China Fan Xiaojian sempat membocorkan strategi yang ia lakukan. Informasi tersebut ia sampaikan saat acara The 5th China-ASEAN Forum on Social Development and Poverty Reduction di Hotel Borobudur, Jakarta, pada September 2019 silam.

Ada 5 cara, yakni pemerintah pimpin pemberantasan kemiskinan, partispasi rakyat, masyarakat yang diberdayakan, masyarakat dikembangkan, dan pengentasan kemiskinan lewat teknologi.

Selain itu pihaknya mengeluarkan anggaran khusus masyarakat miskin. Bahkan mereka menghilangkan pajak pertanian sejak tahun 1950-an yang membuat negara mengalami kehilangan pendapatan mencapai 120 miliar yuan.

Sebanyak 130 miliar yuan juga digelontorkan pemerintah untuk subsidi dan pemberian jaminan sosial senilai 1.400 yuan per orang per tahun bagi 53 juta orang per tahun. Tak sampai situ, pemerintah juga menyediakan dana bantuan sebesar 500 yuan untuk orang miskin di China.

“Jumlah pendapatan orang miskin 5.919 yuan tiap tahun ada dana bantuan 500 yuan tiap orang. Langkah pemerintah berperan besar dalam sandang, pangan, dan papan. Melalui kebijakan itu kesejahteraan rakyat semakin meningkat,” ujarnya, dikutip dari Detik.

Di sektor pendidikan, China menjalankan wajib belajar 9 tahun secara gratis. Sedangkan di bidang kesehatan, Xiaojian menyatakan bahwa pemerintah memberi bantuan kepada orang miskin, sehingga biaya kesehatan untuk rakyat miskin sesuai dengan kemampuan.

“Di pedesaan punya 1 bank. Dan ketika sakit mereka mengeluarkan sedikit biaya yang ditanggung oleh subsidi pemerintah yang bisa diterima berdasarkan kemampuannya sendiri,” katanya lagi.

China memang memiliki cara yang luar biasa untuk mengentaskan kemiskinan. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, kunjungi situs Warta Harian Djawanews. Anda juga bisa mengikuti kami melalui akun media sosial Instagram @djawanewscom dan melalui aplikasi Babe. Hubungi kami untuk membagikan foto, video, artikel, dan berita lainnya.

Sumber : https://djawanews.com/serba-serbi/mengintip-cara-negara-china-mengurangi-kemiskinan-yang-patut-ditiru-indonesia-17385