July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Ini Perusahaan Pesawat Jet Pribadi yang Dipakai Djoko Tjandra ke Pontianak Versi MAKI

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyerahkan sejumlah bukti dugaan gratifikasi dan aliran uang yang diterima Jaksa Pinangki Sirna Malasari ke Jampidsus, Kamis (6/8/2020). (Sumber: KompasTV)

Kamis, 20 Agustus 2020 | 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendapat data terkait pesawat yang digunakan Djoko Tjandra terbang ke Pontianak, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

Belakangan pesawat jet sewaan itu jadi salah satu yang didalami penyidik Bareskrim Polri saat pemeriksaan Djoko Tjandra sebagai tersangka kasus surat jalan palsu pada Rabu (19/8/2020) kemarin.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menjelaskan dari data yang didapat pesawat yang ditumpangi Djoko Tjandra disewa dari PT Transwisata Prima Aviation.

Menurut Boyamin, pesawat jet pribadi dengan kode PK-TXW inilah yang membawa Djoko Tjandra dalam perjalanan Jakarta-Pontianak.

Tak hanya itu, Boyamin juga mendapatkan pihak yang ikut dalam perjalanan Djoko Tjandra dari Jakarta ke Pontianak.

Penumpang terdiri dari empat orang, yakni Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo, Pengacara Anita Kolopaking dan Kompol Joni Andrianto.

Informasi yang dihimpun MAKI pesawat jet pribadi tersebut pernah mengangkut orang terdekat Djoko Tjandra yakni Viady Sutojo.

Menurut Boyamin, Viady mememiliki informasi lebih terkati perusahaan pesawat yang disewa oleh Djoko Tjandra.

Ia menyarankan nama Viady Sutojo dimasukkan dalam daftar antrian pemeriksaan terkait kasus Djoko Tjandra yang ditangani Bareskrim Polri.

“Karena dia (Viady Sutojo) pernah pakai. Untuk menelusuri perusahaan itu punya siapa, disewa berapa kali dan seterusnya dapat ditanya ke Viady Sutojo,” ujar Boyamin, Kamis (20/8/2020).

Pada Rabu kemarin, Bareskrim Polri memeriksa Djoko Tjandra sebagai tersangka kasus surat jalan palsu.

Ada sekitar 59 pertanyaan yang diajukan penyidik dalam pemeriksaan selama lima jam itu.

Mulai dari mengenai keberadaannya saat ditetapkan sebagai buronan, proses keluar masuk Indonesia dengan surat jalan palsu dan pengurusan red notice hingga mengenai penyewaan pesawat jet pribadi.

Sumber : https://www.kompas.tv/article/103014/ini-perusahaan-pesawat-jet-pribadi-yang-dipakai-djoko-tjandra-ke-pontianak-versi-maki?page=3