July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Hatta Rajasa: Jika Jembatan Selat Sunda Dibangun, Potensi Tol Trans-Sumatera Bisa Lebih Optimal

Hatta Rajasa, calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional.(KOMPAS/ALIF ICHWAN)

Kompas.com – 09/09/2021, 18:30 WIB

Penulis Suhaiela Bahfein | Editor Hilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian periode 2009-2014 Hatta Rajasa mengatakan, Jembatan Selat Sunda (JSS) dapat mengoptimalkan potensi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS). “Potensi ini akan lebih optimal apabila JSS dibangun,” ujar Hatta dalam webinar HK Academy: Accelerating Indonesia’s Economic Growth Through Infrastructure Development, Kamis (09/09/2021).

Hatta melanjutkan, keberadaan JSS akan mendorong migrasi industri di Jawa yang padat ke Pulau Sumatera. Dengan migrasi ini, bakal berdampak pada munculnya kawasan pertumbuhan ekonomi baru. Ini artinya, Pemerintah dapat mengatasi ketimpangan spasial antar-wilayah. Dia menjelaskan, ada beberapa dampak positif dari adanya proyek yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) itu. Pertama, Pemerintah Daerah (Pemda) dan investor (swasta) akan membangun feeder ke jalan tol untuk menggali potensi daerah agar investasi meningkat.

“Contoh, batu bara 55 persen itu terletak di tengah. Sehingga, dibutuhkan feeder untuk mengangkut sumber daya alam (SDA) tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, keberadaan JTTS tentunya akan membangun simpul-simpul logistik yang dapat melancarkan pasokan dan menekan biaya logistik. Ketiga, Produk Domestik Bruto (PDB) daerah akan mengalami peningkatan secara signifikan akibat adanya multiplier effect (dampak ganda).

Lalu, kunjungan wisata juga turut meningkat, serta tumbuhnya kawasan perekonomian dan pusat permukiman baru yang lebih modern. “Pada akhirnya, ke semuanya ini (manfaat) dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Sumatera,” tambah dia. Pulau Sumatera juga memiliki lokasi geografis yang strategis yang dilalui oleh jalur perdagangan laut. Sehingga, pulau ini menjadi pintu gerbang untuk jalur perdagangan internasional bagi Indonesia.

Oleh karena itu, JTTS dicanangkan sebagai salah satu prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk meningkatkan konektivitas di pulau itu.

sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2021/09/09/183000021/hatta-rajasa–jika-jembatan-selat-sunda-dibangun-potensi-tol-trans