May 17, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Dishub Kewalahan Tertibkan Parkir Liar Artha Park

Selasa, 7 Januari 2020

BANDUNG – Keberadaan parkir liar yang menutupi badan jalan Ibrahim Adjie sulit ditertibkan. Sebab, selama ini pengelolaan parkir dikelola oleh warga setempat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara mengakui, keberadaan parkir liar itu sudah menimbulkan kemacetan. Terlebih, banyaknya pengunjung di Kiara Artha Park pada akhir pekan.

Dia mengakui, telah lima kali menertibkan aktivitas parkir liar di Kiara Artha Park. Bahkan, sempat terjadi gesekan dengan juru parkir yang kebanyakan warga setempat

Seharusnya aktivitas parkir di Taman Kiara Artha Park itu dimasukkan ke dalam, namun pada pelaksanaannya masih menggunakan bahu jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

“Setelah ditertibkan beberapa kali, sejauh ini tidak ada perubahan signifikan melainkan semakin merajalela,” ucapnya ketika ditemui Jabar Ekspres di Balai Kota Bandung Selasa, (7/1).

Dia menuturkan, untuk mengatasi masalah ini sebetulnya Dishub sudah berkolaborasi dengan pihak Artha Park, Polrestabes, dan Satpol PP. Tapi, sejauh ini belum menemukan solusi.

Dari pertemuan bersama tersebut pernah disepakati pengelola parkir Kiara Artha Park harus masuk ke dalam area dan tidak boleh memanfaatkan bahu jalan. Akan tetapi pada kenyataannya kembali berulang.

Kendati begitu, Asep berjanji akan kembali menindak ketika ada laporan. Namun setelah penindakan itu, sepertinya tidak ada efek jera. Sebab, kewenangan sepenuhnya ada di Pengelola Kiara Artha Park.

“Tidak ada efek jeranya, kami juga tidak bisa berbuat apa-apa, penindakan itu tidak ada kewenangan di kami, Dishub sudah terapkan marka jalan dan barier supaya paham,”jelasnya.

Pihaknya juga telah melaporkan masalah ini kepada DPRD Kota Bandung Komisi C agar bisa memanggil pihak Kiara Artha Park agar mau menertibkan parkir liar dengan dimasukkan ke dalam.

Di tempat terpisah, Kepala UPT Perparkiran Dishub Kota Bandung, Nasrul Hasani mengatakan aktivitas parkir Kiara Artha Park merupakan di luar kewenangan Dishub. Sebab, parkir Artha Park sebetulnya masuk ke dalam pengelolaan tempat wisatanya sendiri.

“Jadi ini Off Street maksudnya pengelolaan mancakupi gedung atau pelataran milik swasta setorannya masuk pajak daerah,”kata dia.

Saat ini Dishub Kota Bandung hanya mengelola sebanyak 227 titik parkir resmi di seluruh penjuru Kota Bandung. Untuk mengawasi seluruh lokasi tersebut UPT Parkir hanya memiliki 34 orang petugas.

Sementara itu ketika dikonfirmasi pihak Humas Artha Park Rini Puspita enggan untuk berkomentar.

“terkait dengan pengelolaan parkir nanti diteruskan ke pihak manajemen KAP,” jawab dia singkat.

Terpisah, Sekretaris DPKP3 Agus Hidayat mengaku, sarana parkir di taman kiara Artha Park sejauh ini belum tersedia secara representatif. Hal ini terjadi karena ada keinginan dari masyarakat sekitar yang meminta untuk melakukan pengelolaan parkir.

“Jadi sekain Taman Kiara Artha Park, masih banyak aktivitas parkir menggunakan trotoar, di antaranya di Kebon Binatang di Kelurahan Taman Sari dan di daerah SMA 8 Pasundan berhadapan dengan RS Advent,” ujar Agus.(mg2/yan).

Sumber : http://jabarekspres.com/2020/dishub-kewalahan-tertibkan-parkir-liar-artha-park/4/