July 1, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Antusiasme Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Jakarta Utara

22 Maret 2021 21:50 WIB

Vaksinasi dinamis COVID-19 bagi lansia dilaksanakan di SDN Ancol 03, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (22/3).

Ikut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali yang melakukan peninjauan. Antusiasme peserta warga lansia dinilainya tinggi dalam kegiatan vaksinasi tersebut.

“Saat ini kami memang sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi terutama untuk segmentasi lansia. Saya melihat antusiasme peserta tinggi sekali,” ujar Marullah di lokasi.

Dikatakan Marullah, penanganan COVID-19 bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta tetapi juga tanggung jawab semua pihak.
Ia pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pihak terkait lainnya seperti pengurus RT/RW, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), serta kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasa Wisma, dan Karang Taruna yang berperan serta ikut berkolaborasi menyukseskan vaksinasi COVID-19.

“Saya terima kasih juga karena SDN ini sudah bisa dipakai sebagai faskes (fasilitas kesehatan) vaksinasi lansia. Mudah-mudahan kolaborasi dan kerja sama ini semakin memberikan kebaikan bagi masyarakat. Insya Allah pada sehat semuanya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Marullah didampingi oleh Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang secara simbolis menyerahkan sejumlah masker dan hand sanitizer kepada camat dan lurah untuk diteruskan ke masyarakat. Penyerahan masker dan hand sanitizer diharapkan dapat bermanfaat dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan, Octoviana Carolina mengatakan, vaksinasi dinamis yang dilakukan di SDN Ancol 03 sudah memasuki minggu kedua.

“Antusiasme masyarakat Ancol dan sekitarnya ternyata sangat besar. Hari ini target peserta kita sebanyak 200 orang. Namun, peserta vaksinasi mencapai 283 lansia,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, sampai saat ini Puskesmas Kecamatan Pademangan sudah melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap 4.763 lansia.

Selain di SDN Ancol 03, vaksinasi dinamis COVID-19 bagi lansia juga dilaksanakan di SMAN 40 Jakarta, Jl Budi Mulia Utara, Pademangan Barat dan Rumah Sakit Lapangan Artha Graha Peduli. Pihaknya optimistis, dari ketiga lokasi tersebut bisa menjangkau vaksinasi untuk semua lansia di Kecamatan Pademangan.

“Kami optimistis akhir Maret 2021 semua lansia yang ada di Kecamatan Pademangan sudah bisa divaksinasi,” tandasnya.

Sumber :https://m.beritajakarta.id/read/87905/antusiasme-vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-di-jakarta-utara