April 29, 2024

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Peduli Covid-19, Serahkan Bantuan Ke Bupati Jepara

Penyerahan dari Panitia Imlek Nasional yang tergabung "Pengusaha Peduli NKRI" di Aula Sultan Hadlirin Gedung OPD Bersama Lantai 3.

Rabu (5/5/2021)

JEPARA – Covid-19 yang belum berakhir mengundang simpati dari berbagai pihak. Salah satunya Panitia Imlek Nasional yang tergabung “Pengusaha Peduli NKRI”. Lembaga ini terdiri dari yayasan Budha Tzu Chi, Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi), Persatuan Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Artha Graha Peduli, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), dan Eka Tjipta Foundation. Anggaran bersumber dari Panitia Imlek Nasional di Jakarta.

Bantuan sosial (Bansos) Peduli Covid oleh Panitia Imlek “Pengusaha Peduli NKRI” kepada Pemerintah Kabupaten Jepara diterima langsung Bupati Jepara Dian Kristiandi. Koordinator  lapangan panitia Imlek 2021 Dwi Wijayanto menyerahkan bantuan tersebut. Acara berlangsung di Gedung OPD Bersama Lantai 3 (Gedung Sultan Hadlirin) sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Rabu (5/5/2021).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara Dian Kristiandi didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Edi Marwoto, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara Sutedjo, dan Koordinator lapangan wilayah Jepara Dwi Wijayanto. Juga hadir 25 orang penerima bantuan secara simbolis.

Kabupaten Jepara mendapat alokasi 40 ton beras dan 3000 pcs masker. Pendistribusian bantuan dimulai bulan Maret sampai Juni, dan dibagi menjadi 4 gelombang. Rinciannya bulan Maret 20 ton beras gelombang 1 dan 2,10 ton beras bulan April gelombang 3, dan 10 ton beras bulan Mei sampai Juni. Sasarannya untuk masyarakat tidak mampu, terkena putus hubungan kerja (PHK), isolasi mandiri, serta terkena bencana alam. Selain itu, PMI Kabupaten Jepara juga memberikan tali asih ke penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Edi Marwoto dalam laporannya mengatakan, bantuan ini akan didistribusikan ke masyarakat yang terdampak Covid-19. Jumlah penerima sebanyak 4.000 kepala keluarga (kk). Masing-masing kk akan mendapatkan 10 kilogram beras dan masker.

“Bantuan akan kami distribusikan segera. Mudah-mudahan dapat tersalurkan ke penerima dan tidak terjadi masalah,” kata dia.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyambut baik kerjasama yang dilakukan Panitia Imlek Nasional 2021. Menurutnya, banyak masyarakat yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 di berbagi wilayah termasuk Jepara.

“Saya berharap bantuan ini bermanfaat bagi penerima dan meringankan beban mereka,” terang dia.

Andi sapaan akrabnya juga meminta masyarakat tetap waspada dengan adanya Covid-19. Karena sampai saat ini virus korona belum berakhir.

“Jangan lengah dan tetap waspada. Mari kita patuhi prokes Covid-19. Dan jangan lupa berdoa, agar Covid-19 segera berakhir,” tegas Andi.

Orang nomor satu di Jepara ini menyerahkan secara simbolis kepada Masrofatun Nafida, Rt 8 Rw 3 Kedung Malang, Sanipah Rt 5 Rw 1 Mangunan, Muhammad Nandana Azzaky Rt 4 Rw 13 Bangsri, Salsabila Asysyifa Salsabila Rt 1 Rw 3 Suwawal. Masing-masing mendapatkan 1 buah kursi roda , beras, dan masker karena berkebutuhan khusus dan lumpuh.

Tidak hanya itu, Dinsospermasdes juga menyerahkan alat bantu 70 kursi roda dari Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD) 2 Tahun 2021, kruk 14 buah, tongkat tuna netra 40 buah. Adapun kriteria penerima bantuan penyandang disabilitas fisik, mental, serta fisik dan mental.

Sumber:https://jepara.go.id/2021/05/05/peduli-covid-19-serahkan-bantuan-ke-bupati-jepara/