April 29, 2024

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Ribuan Karyawan Ancol Lakukan Vaksinasi COVID-19 Massal

Foto : Ancol.com

03 Mei 2021

Pemerintah Pusat telah mencanangkan program vaksinasi COVID-19 secara nasional. Program ini sudah dimulai pada bulan Januari 2021 lalu seiring dengan ketersediaannya vaksin tersebut. Diketahui, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mengakhiri pandemi COVID-19 yang telah mewabah setahun belakangan ini.

Program vaksinasi kali ini dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Seluruh karyawan serta mitra operasional yang terlibat dalam operasional kawasan wisata Ancol disuntik vaksin COVID-19.

Vaksinasi ini merupakan hasil kerja sama antara pihak manajemen Ancol dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Tak hanya itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta juga turut mendukungnya.

Sekitar 2.000 karyawan Ancol mengikuti vaksinasi dosis pertama terhitung sejak 16-30 April 2021. Kemudian, untuk penyuntikan dosis kedua rencananya akan digelar pada bulan Mei 2021. Nantinya, vaksinasi dosis kedua bakal dilaksanakan di Sentra Vaksinasi milik BUMN di Gelora Bung Karno dan RS Lapangan Artha Graha Peduli, Ancol.

Menurut Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali dalam keterangan tertulisnya menuturkan, vaksinasi yang diberikan kepada karyawannya sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah. Selain itu, vaksinasi ini juga untuk memaksimalkan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Ancol.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta, manajemen Ancol ingin seluruh karyawannya sehat sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada pengunjungnya.

Langkah lainnya yang dilakukan Ancol adalah dengan memperketat penerapan protokol kesehatan. Seluruh karyawan maupun pengunjung diwajibkan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Tidak hanya itu, manajemen Ancol juga meminta para karyawannya untuk memakai face shield atau penutup wajah, sarung tangan, dan melakukan pemeriksaan COVID-19. Kemudian, tersedia pula tempat tes GeNose yang diberikan gratis kepada para pengunjung.

Manajemen Ancol menerapkan moto Senang Selamat Bareng-Bareng atau SSBB. Moto ini yang terus dikampanyekan demi terciptanya pariwisata yang aman dan sehat di masa pandemi COVID-19 ini.

Data Vaksinasi COVID-19 di Jakarta

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat, hingga 2 Mei 2021 jumlah vaksinasi dosis pertama telah disuntikan kepada sebanyak 1.943.646 orang atau 64,8 persen. Sedangkan dosis kedua sudah mencapai 1.245.192 orang 41,5 persen. Adapun target vaksinasi COVID-19 ini sebanyak 3.000.689 orang.

Sesuai instruksi pemerintah pusat, vaksinasi COVID-19 ini menargetkan tenaga kesehatan, pelayan publik, dan kelompok lanjut usia atau lansia. Vaksin ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

Lebih rincinya, sebanyak 127.812 orang tenaga kesehatan di Ibu Kota sudah menerima vaksin dosis pertama. Sedangkan pada penyuntikan dosis kedua sudah dilakukan kepada 111.574 orang. Kemudian, untuk kelompok lansia di Jakarta, vaksin dosis pertama sudah diberikan kepada 576.250 orang dan dosis kedua sebanyak 456.820 orang.

Untuk kelompok pelayan publik, vaksin dosis pertama telah dilakukan kepada 1.239.584 orang dan pada dosis kedua sudah sebanyak 676.798 orang

Walaupun sudah divaksin, pemerintah baik pusat maupun daerah mengimbau agar masyarakat tidak lalai terhadap protokol kesehatan. Kita masih harus mematuhi protokol kesehatan supaya tidak tertular virus COVID-19.

Sejumlah sanksi tegas akan diberikan kepada setiap orang yang melanggar protokol kesehatan. Saksi itu bisa berupa teguran sampai dengan sanksi denda administratif. Kebijakan ini supaya masyarakat semakin disiplin protokol kesehatan.

Tentunya, dengan protokol kesehatan kita dapat mengurangi potensi tertular virus yang berasal dari Wuhan, China itu. Karena penularan virus ini cukup cepat sehingga perlu diwaspadai bersama. Namun, teman Brisik tidak boleh panik sehingga dapat memicu stress.

Sumber :https://brisik.id/read/67207/ribuan-karyawan-ancol-lakukan-vaksinasi-covid-19-massal