December 2, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

24-26 September, FPTI Bakal Gelar Kompetisi Dunia Panjat Tebing di SCBD

Atlet panjat tebing Indonesia kategori speed, Kiromal Katibin

Kompas.com – 19/09/2022, 13:53 WIB

Penulis Muhammad Naufal | Editor Ivany Atina Arbi

JAKARTA, KOMPAS.com – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) bakal menggelar kompetisi dunia panjat tebing di Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan, pada 24-26 September 2022.

Ketua FPTI Yenny Wahid berujar, kompetisi itu akan diikuti oleh 27 negara dengan total 200 atlet yang berpartisipasi.

Dari 200 atlet tersebut, sebanyak 42 atlet di antaranya berasal dari Tanah Air.

“Acara ini akan diikuti hampir sekitar 200 atlet dari 27 negara. Indonesia sendiri mengirimkan 42 atlet di ajang ini,” kata Yenny, ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (19/9/2022). Menurut dia, terdapat dua nomor lomba dalam kompetisi dunia itu, yakni speed dan lead.

Dari 42 atlet asal Tanah Air, sebanyak 20 atlet di antaranya mengikuti nomor lomba lead sedangkan lainnya mengikuti nomor lomba speed.

“(Sebanyak) 20 atlet speed, dan 22 atlit lead (dari Indonesia). Beberapa di antaranya adalah atlet dari DKI,” tutur Yenny.

Ia menargetkan atlet dari Tanah Air setidaknya bisa meraih medali emas dalam kompetisi tingkat dunia tersebut.

Di sisi lain, Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid itu meyakini bahwa setidaknya atlet dari Indonesia bisa meraih tiga besar dalam kompetisi tingkat dunia tersebut.

“Panjat tebing ini punya khas untuk mendapatkan mendali. Ya pasti target kami selalu target mendali emas, tetapi kalau tiga besar Insya Allah cukup aman,” urainya.

Pada kesempatan yang sama, Yenny mengaku mengunjungi Balai Kota DKI Jakarta untuk menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tujuannya, kata dia, adalah meminta tips dari Anies terkait keberhasilan penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E Jakarta.
“Saya kebetulan ke sini itu terinspirasi dari keberhasilan Formula E kemarin. Mau minta tips-tips dari Pak Gubernur (Anies), bagimana sih supaya bisa berhasil (menggelar ajang olahraga),” urai Yenny.

 

sumber : https://megapolitan.kompas.com/read/2022/09/19/13535141/24-26-september-fpti-bakal-gelar-kompetisi-dunia-panjat-tebing-di-scbd