April 25, 2024

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

2020 Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat Turun

Bank Artha Graha.

Jumat, 15 November 2019 12:17 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengumumkan bahwa per 1 januari tahun 2020 suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) turun dari semula 7% menjadi 6% per tahun. Kemudian total plafon KUR dinaikkan menjadi 35,7% dari sebelumnya sebesar Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun.

Menurut Airlangga Hartarto plafon KUR secara bertahap akan terus ditingkatkan hingga mencapai Rp 325 triliun pada 2024. Sedang plafon maksimum KUR Mikro yang semula Rp 25 juta, akan dinaikkan dua kali lipat menjadi Rp.50 juta mulai 1 jJanuari tahun depan.

Tak hanya itu, total akumulasi plafon KUR Mikro pada sektor perdagangan juga mengalami peningkatan yang sama besarnya, dari semula yang sebesar Rp 100 juta menjadi Rp 200 juta..

“Kenaikan plafon itu sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Disisi lain kami juga sudah meminta kepada BI agar penurunan suku bunga KUR ini bisa lebih dipercepat,” Jelas Airlangga seusai rapat koordinasi Komite Kebijakan Pembiayaan UMKM di kantornya, Jakarta, pada Selasa 12 November 2019.

 

Selaras dengan apa yang disampaikan Airlangga, PT. Bank Artha Graha Tbk menyambut baik penurunan suku bunga KUR dan kenaikan plafon tersebut. Sebab selama ini Bank Artha Graha termasuk salah satu bank yang aktif menyalurkan KUR. Hal ini dilakukan karena Bank Arta Graha mempunyai misi mengentas pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat kelas bawah menjadi kelas menengah.

“ Untuk membantu mengentaskan pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat kelas bawah menjadi kelas menengah, maka sejauh ini Artha Graha tetap komit terhadap penyaluran KUR demi kedaulatan pangan, mendukung ketahanan daerah, menuju pertahanan negara di era globalisasi” jelas Indra S Budianto selaku Direktur Bank Artha Graha. Saat ditemui di kantornya di Jakarta.

 

Lebih lanjut Indra menambahkan bahwa Bank Artha Graha sejauh ini tetap fokus dan semangat dalam menjalankan program KUR ini.
“ Kami adalah salah satu Bank yang tetap fokus menjalankan KUR. Saat ini kami sedang fokus kepada pembinaan, pendampingan dan pengawasan binaan kami yang jumlahnya sebanyak 38.247 KK yang tersebar di 26 provinsi,” pungkas Indra S Budianto selaku Direktur Bank Artha Graha.

Program KUR sendiri sudah dimulai sejak era Pak SBY hingga sekarang, program ini merupakan bentuk dari penciptaan lapangan kerja dan penanggulangan kemiskinan. Sehingga program pemerintah ini mendapatkan jaminan 70% dari Jamkrindo dan Askrindo.

 

Sumber :  https://www.tribunnews.com/bisnis/2019/11/15/2020-suku-bunga-kredit-usaha-rakyat-turun