July 1, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Aguan Mengaku Pernah Protes ke Ahok Soal Tambahan Kontribusi

49513_68220_Sugianto alias Aguan

www.jawapos.com

Rabu, 07 September 2016 12:37

JawaPos.com – Pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan pernah menyampaikan protes kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama soal tambahan kontribusi 15 persen yang dibebankan kepada pengembang reklamasi.

Agung Sedayu Group melalui anak usahanya PT Kapuk Naga Indah mengantongi izin reklamasi di Pulau C, D, dan E. Hal tersebut disampaikan Aguan saat menjadi saksi dalam sidang kasus suap terkait pembahasan Raperda reklamasi dengan terdakwa Anggota DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi, Rabu (7/9).

“Saya pernah sampaikan. Beliau bicara PT KNI kan lima persen. Ini orang lain kok enggak protes, kok kamu protes. Bukan saya protes ini kan soal kepastian investasi. Bikin pulau kan enggak sebentar butuh sepuluh tahun,” kata Aguan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Aguan mengaku keberatan dengan tambahan kontribusi sebesar 15 persen. Namun, dia menyebut telah berkomitmen untuk membayarkan tambahan kontribusi tersebut kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Pemerintah sekarang presiden berapa perda dihapuskan yang tidak meguntungkan investasi. Tapi dari awal saya sampaikan saya niat membayar,” tutur Aguan.

Pengakuan Aguan tersebut bertolak belakang dengan pengakuan Ahok dalam sidang Sanusi, Senin (5/9). Ahok mengatakan, tidak ada satupun pihak pengembang yang menyatakan keberatan dengan aturan tambahan kontribusi terkait reklamasi pantai utara Jakarta.

Karena itu, Ahok mengaku merasa heran saat mengetahui terdapat pihak pengembang yang ingin menghilangkan pasal tambahan kontribusi dalam draf Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTRKSP).

Dalam perkara ini, Sanusi didakwa menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja. Suap itu diberikan agar Sanusi mengakomodir pasal-pasal dalam draf raperda sesuai keinginan Ariesman. Terutama, pasal soal tambahan kontribusi 15 persen. (Put/jpg)

Sumber : http://www.jawapos.com/read/2016/09/07/49513/aguan-mengaku-pernah-protes-ke-ahok-soal-tambahan-kontribusi/2