April 29, 2024

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Selama Pandemi Covid-19, Mentan RI Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Mencukupi

4/08/2020 05:11:00 PM

SERANG, KabarViral79.Com – Dalam rangka menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok selama pandemi Covid-19, khususnya gula serta menghadapi bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke pabrik gula PT. Angels Products Sugar Refinery Bojonegara, Jl Raya Bojonegara KM 07 Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, Rabu, 08 April 2020, pukul 14.00 Wib.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Aster Panglima TNI Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit, Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan, Danrem 064/MY Kol Inf Windiyatno, Dirkrimsus Polda Banten Kombespol Nunung Syaifuddin, Dir Lantas Polda Banten Kombespol Wibowo, Anggota DPR RI Komisi IV Nuraini, Pimpinan Pusat PT Angels Products Tomi Winata, Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana, Kepala BKP Agung Hendriadi, Kepala Badan Karantina Ali Jamil, Kepala Badan Litbang Fadjlry Djufry, Staf Khusus Menteri, Manager HRD Pusat PT. Angels Aris, Direksi PT Angels Products Bojonegara Bernaldi, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid, Dandim 0623/Clg Letkol Arm Rico Ricardo Sirait, Kabag Ops Polres Cilegon Kompol Kamarul Wahyudi, Kasat Intelkam Polres Cilegon AKP Bai Ma’mun, Kapolsek Bojonegara AKP Tri Sutrisno, Camat Bojonegara Sutikno.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan kunker kali ini dilaksanakan dalam rangka menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok selama pandemi Covid-19, khususnya gula serta menghadapi bulan puasa dan hari raya Idul Fitri.

“Kegiatan kunker ini dalam rangka melaksanakan perintah Bapak Presiden agar semua Menteri melakukan validasi data dari ketersediaan pangan dan kebutuhan dasar masyarakat. Bapak Presiden bahkan mengingatkan kepada kami para Menteri dan pejabat-pejabat yang bertanggung jawab di pusat sampai daerah agar jangan main-main dengan angka saja, tapi neraca angka itu harus divalidasi di lapangan,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Mentan, pihaknya diberi tanggung jawab. Ia menyebut, ada 11 pangan dasar mulai dari beras, jagung, cabe dan minyak goreng.

“Sejumlah item itu, Bapak Presiden minta untuk betul-betul negara-negara hadir mempersiapkan itu dengan baik,” pungkasnya.

“Validasi kita neraca kita cukup, tetapi bagaimana di lapangan, petunjuknya adalah tidak hanya ketersediaan bahan dasar tapi juga harga supaya bisa stabil,” tegasnya.

“Hari ini kita sudah mulai lakukan kesiapan gula pasir dengan berbagai cara, salah satu caranya dengan impor pada bulan Mei dan Juni. Panen gula nasional juga sudah mulai masuk dari kondisi ini termasuk impor yang akan mendukung ketersediaan gula. Untuk itu, kami sangat percaya bahwa ketersediaan gula akan tercukupi ditambah dengan petani lokal yang akan panen di bulan Juni karena faktor cuaca,” pungkasnya.

Terkait harga yang tinggi, kata Mentan, pihaknya sudah membentuk Satgas Pangan bersama dengan Bareskrim Mabes Polri. Harapannya, dengan Stock yang berlimpah maka harga di pasaran dapat kembali normal, dan juga jangan sampai ada penimbunan barang.

“Kerjasama semua pihak sangat kita harapkan di masa-masa pandemi Covid-19 ini untuk keperluan masyarakat luas,” tutupnya.

Untuk diketahui, bahwa PT Angels Products merupakan anak perusahaan PT. Pasifik Agro Sentosa yang didirikan pada 16 September 2002 di Provinsi Banten.

Kehadiran kilang gula kristal PT. Angels Products dimaksudkan untuk membantu memenuhi kebutuhan gula rafinasi mengkristal yang digunakan oleh industri makanan, minuman & farmasi di Indonesia.

Pabrik Gula Rafinasi milik PT. Angels Products saat ini memproduksi gula kristal putih dan gula rafinasi sebanyak kurang lebih 1.200 ton per hari. Diharapkan dengan stok gula Rafinasi yang tersedia di gudang tersebut dapat menjaga pasokan dan distribusi untuk kebutuhan Indrustri makanan dan minuman serta kebutuhan konsumsi langsung masyarakat selama bulan April – Mei 2020.

Selanjutnya, Menteri Pertanian melakukan pengecekan ke Gudang Raw Sugar dan Gudang Produk PT. Angels Products. (sar/red)

Sumber : https://www.kabarviral79.com/2020/04/selama-pandemi-covid-19-mentan-ri-jamin.html