April 27, 2024

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

TKA China Difasilitasi Karantina Corona di Ancol? Ini Faktanya

Rumah Sakit Darurat Penanganan Corona/COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Foto : ANTARA FOTO/Aditya Pradana

Rabu, 8 April 2020 | 11:45 WIB Oleh : Lilis Khalisotussurur

VIVAnews – Beredar informasi yang diunggah akun facebook Cindy Maheswary soal beberapa tangkapan layar. Berikut narasi gambar tersebut:

“Yg dekat ke pantai puntih Ancol boleh di cek ini ???
Rezim togog Bedebah pasilitasi karantina khusus untuk TKA SILUMAN CHINA
REZIM BOTOL”

Lebih lanjut, akun twitter @MpuAnon juga mengunggah gambar yang sama. Berikut narasinya:
 “Apa ada yang kalian kenal terpapar COVID-19 kemudian dirawat di sini? Lokasi di jalan Pasir Putih Ancol” dan disertai foto bangunan berwarna putih.

Verifikasi Fakta

Mengutip cekfakta.com, anggota grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax menelusuri hal tersebut. Ternyata bangunan tersebut merupakan rumah sakit lapangan (rumkitlap) yang didirikan Yayasan Artha Graha Peduli untuk sarana rapid test virus corona atau covid-19.

“AGP Bersama-sama dengan Yayasan Budha Tzu Chi, Sinarmas, Indofood, dan Central Omega Resources berharap dengan mendirikan Rumkitlap ini dapat mengajak dan menggugah hati dari para stakeholder dan pengusaha lain agar dapat memberikan kontribusi dan keprihatinan terhadap negara kita yang sedang menghadapi bencana wabah Covid-19 dengan membuat Rumkitlap di wilayah lain,” ujar Juru bicara Artha Graha Peduli, Hanna Lilies Puspawati, dalam keterangan resminya.

Hanna mengatakan rumkitlap masih diprioritaskan bagi para pekerja Artha Graha Group, Yayasan Artha Graha Peduli, dan mitra Artha Graha, serta masyarakat umum yang tinggal sekitar radius 500 meter dari rumkitlap. 

Warga bisa melakukan tes dengan mendaftarkan diri ke Sekretariat Rumkitlat AGP dengan persyaratan kesehatan sesuai yang ditentukan. Adapun kriterianya di antaranya menunjukkan gejala demam, batuk, pilek, radang tenggorokan, dan sesak napas kurang lebih 14 hari terakhir.

Lalu, syarat lainnya bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, darah tinggi, asma, gagal ginjal, jantung atau stroke. Mereka yang secara fisik sehat dan memiliki kontak dengan terduga atau positif covid-19 juga diperbolehkan.

AGP mengajak para pengusaha yang tergabung di Kadin untuk bersama-sama membuat rumkitlap sebagai kontribusi penanganan covid-19. Sehingga memudahkan masyarakat melakukan rapid test tanpa harus ke rumah sakit rujukan.

Wadirut PT Bank Artha Graha International Tbk, Christina, menambahkan karena keterbatasan alat, mereka membuat kriteria sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan soal siapa yang tepat untuk diprioritaskan.

Berdasarkan penelusuran di atas, tudingan dibangunnya fasilitas karantina khusus TKA China adalah klaim yang salah.

 

sumber: https://www.vivanews.com/viva-fakta/44369-tka-china-difasilitasi-karantina-corona-di-ancol-ini-faktanya?medium=autonext