May 1, 2024

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

Kondisi 68 WNI Eks ABK Diamond Princess dalam Keadaan Sehat di Sebaru

WNI eks ABK Diamond Princess di Pulau Sebaru (Foto: TNI)

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 12 Maret 2020 16:28 WIB

JAKARTA – Sebanyak 68 Warga Negara Indonesia (WNI) eks Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kondisi terkini, mereka dalam keadaan sehat dan baik semuanya.

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Komando Laksdya TNI Yudo Margono mengatakan, kondisi mereka baik dan sehat berdasarkan laporan dari Tim Kesehatan Kogasgabpad. Mereka setiap hari harinya melakukan berbagai kegiatan rutin.

Kegiatan rutin yang dilakukan 68 WNI setiap hari dengan pengawasan dari Prajurit TNI yang tergabung dalam Kogasgabpad (TNI AD, TNI AL, TNI AU), dengan jadwal di antaranya bangun pagi jam 05.00 WIB, Salat Subuh berjamaah bagi yang muslim dilanjutkan olahraga pagi dan sarapan pagi bersama.

Yudo menuturkan, fasilitas olahraga yang disediakan untuk para WNI di antaranya tenis meja, lapangan bulu tangkis, voli dan fasilitas hiburan disiapkan untuk mengurangi kejenuhan selama observasi. Ada peralatan untuk karaoke, keyboard hingga gitar.

“Dalam menjaga kondisi fisik 68 WNI tetap prima, setiap hari jam 08.00 WIB dan 17.00 WIB para petugas kesehatan Kogasgabpad (TNI AD, TNI AL, TNI AU) rutin memeriksa kesehatan mereka. Tim Kogasgabpad juga melakukan pembersihan sektor-sektor area gedung tempat para WNI tinggal,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (12/3/2020).

68 WNI eks ABK Diamond Princess Foto: TNI

Sementara itu, Tim Kesehatan Kogasgabpad dipimpin Danyonkes 1 Mar. Letkol Laut (K) Muh Arifin memantau kegiatan WNI dengan sistem Wireless Command Center yang terdiri dari layar monitor CCTV yang bisa memantau dua gedung ABK yang observasi.

“Semua dapat di monitor dan dikendalikan. Hingga saat ini, situasi dan kondisi WNI dalam keadaan baik dan sehat,” ujarnya.

Rencananya, 68 WNI eks ABK Diamond Princess akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing pada Minggu 16 Maret 2020 menyusul berakhirnya masa observasi mereka. Adapun observasi dilakukan terhadpa 68 WNI itu untuk memastikan mereka tak terinfensik virus korona atau Covid-19.

(Ari)

sumber: https://nasional.okezone.com/read/2020/03/12/337/2182324/kondisi-68-wni-eks-abk-diamond-princess-dalam-keadaan-sehat-di-sebaru