July 3, 2022

Artha Zone

Created & modified by m1ch3l

24 Pakar akan Bahas Pertahanan Global di Unhan

Universitas Pertahanan di Kawasan IPSC Sentul, Bogor, Kamis (26/1/2017). Foto: MI/Bary Fathahilah

Universitas Pertahanan di Kawasan IPSC Sentul, Bogor, Kamis (26/1/2017). Foto: MI/Bary Fathahilah
Universitas Pertahanan di Kawasan IPSC Sentul, Bogor, Kamis (26/1/2017). Foto: MI/Bary Fathahilah

news.metrotvnews.com

Selasa, 04 Jul 2017 06:04 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 24 pakar akan membahas pertahanan global di Universitas Pertahanan (Unhan) pada 12-13 Juli 2017. Delapan di antaranya adalah pembicara asal Indonesia.

“Para pembicara akan menggali pemikiran-pemikiran baru tentang keamanan dan kesejahteraan global,” kata Rektor Unhan Letjen I Wayan Midhio, dalam keterangan tertulis, Selasa 4 Juli 2017.

Pembahasan isu pertahanan global ini dilakukan dalam seminar bertajuk “New Thinking for Strategic Policy in the Field of Security, Stability and Humanities Affairs in Region of Asia Pacific and Oceania”. Seminar yang digagas Unhan ini akan berlangsung di Kampus Bela Negara Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Para pembicara berasal dari Eropa, Amerika, Asia, dan Australia. Adapun pakar pertahanan dari Indonesia yang akan menjadi pembicara di antaranya mantan Menteri Pertahanan Prof. Purnomo Yusgiantoro, mantan Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana (Purn) Marsetio.

Seluruh pembicara akan membahas empat topik, yakni keamanan (security), stabilitas (stability), keamanan manusia (human security), dan kesejahteraan manusia (human welfare). “Semua topik dibahas dalam perspektif defense studies dan defense technologies (studi pertahanan dan teknologi pertahanan),” kata Wayan.

Rencananya seminar dibuka Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu. Menhan juga didapuk sebagai pembicara kunci dalam seminar ini.

Peserta yang hadir terdiri dari para duta besar dan atase pertahanan negara sahabat yang berada di Jakarta. Sejumlah perwakilan lembaga-lembaga internasional, LSM, dan pengamat militer juga diundang.

“Kesempatan yang baik ini bisa dimanfaatkan pejabat TNI dari Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, ketiga Mabes Angkatan, dan Mabes Polri untuk berdiskusi,” ujarnya.

Sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi terkemuka dari dalam negeri dan luar negeri dijadwalkan turut hadir. Termasuk perwakilan dari empat BUMN industri strategis, yakni PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT Inti, dan PT. LEN. “Semoga seminar ini menjadi ajang promosi industri pertahanan dalam negeri,” kata Wayan.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/9K5jwWlN-24-pakar-akan-bahas-pertahanan-global-di-unhan